Pokir Wakil Rakyat Kita Hampir Setengah Triliun

Juru bicara Banggar DPRD Banggai, Kartini Akbar. (FOTO ISTIMEWA)

____

LUWUKTIMES.com — Pokok pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Banggai dalam rangka penyusunan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021 hampir mencapai setengah triliun rupiah.

Jumlah anggaran sebesar Rp. 420 miliar lebih itu akan dialokasikan untuk 1.570 kegiatan.

Setiap anggota dewan berbeda dana pokir beserta jumlah kegiatan. Di fraksi PDI Perjuangan, Suprapto yang juga Ketua DPRD Banggai tertinggi dana pokir, sebesar Rp. 93,6 miliar lebih dengan 110 usulan kegiatan.

Besaran anggaran pokir kedua di fraksi banteng moncong putih ini adalah I Putu Gumi. Mantan Wakil Ketua DPRD Banggai ini mengantongi Rp. 22,5 miliar dengan 45 usulan kegiatan.

Di Fraksi Partai NasDem, Sukri Djalumang tertinggi pokir yakni Rp. 31,9 miliar dengan usulan 191 kegiatan.

Wakil Ketua DPRD Banggai sekaligus Ketua DPD Partai NasDem Banggai, Batia Sisilia Hadjar dana pokirnya Rp. 10 miliar lebih dengan 44 usulan kegiatan.

Dari alokasi anggaran di fraksi Golkar, Samsulbahri Mang tertinggi, yakni Rp. 11 miliar lebih dengan usulan 53 kegiatan.

Tapi dari sisi jumlah usulan kegiatan Sudan Latjeno tertinggi, sebanyak 62 kegiatan dengan pagu Rp. 7,1 miliar.

Selanjutnya Fraksi Gerindra. Di fraksi yang dihuni empat legislator ini tertinggi dana pokir Masnawati Muhammad Rp. 18,9 miliar lebih dengan 64 usulan kegiatan.

Nasir Himran tertinggi dana pokir nya dibanding dua rekannya di fraksi PKS. Yaitu sebesar Rp. 12,3 miliar dengan 65 usulan kegiatan.

Meski pendatang baru di parlemen lalong, namun cukup signifikan jumlah aspirasi yang diakomodir Akmal.

Di Fraksi PAN, dana pokirnya paling tinggi, yakni Rp. 26 miliar lebih, untuk 103 usulan kegiatan.

Angka ini jauh meninggalkan usulan dana pokir Ketua Fraksi PAN sekaligus Ketua DPD PAN Banggai Ibrahim Darise yang hanya Rp. 7,3 miliar serta Jodi Prakoso Rp. 1,1 miliar.

Jodi merupakan aleg paling kecil yang mengantongi dana pokir.

Sementara di Fraksi PHP (PKB-Hanura-Perindo), angka pokir tertinggi ada pada Bachtiar Pasman, Rp. 29 miliar lebih dengan 90 usulan kegiatan.

Daftar dana pokir anggota DPRD Banggai.
____

Juru bicara badan anggaran (Banggar) DPRD Banggai, Kartini Akbar pada rapat paripurna dengan agenda laporan Banggar mengenai hasil reses RKPD masa sidang kedua tahun 2020, di kantor DPRD Banggai, Senin (16/3) mengatakan, penyusunan pokir ini didasarkan atas kegiatan reses, rapat dengar pendapat dan kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD.

Daftar dana pokir anggota DPRD Banggai.
____

Untuk reses telah dilaksanakan selama enam hari yakni 27 Januari-1 Februari 2020, di empat daerah pemilihan atau dapil.

“Sebanyak 10 anggota dewan di dapil I, 10 aleg di dapil II, 4 aleg di dapil III dan 11 aleg di dapil IV,” kata Kartini.

Untuk rapat dengar pendapat, DPRD telah melaksanakan dengan mitra kerja dalam hal ini OPD berdasarkan penyerapan aspirasi yang harus segera diselesaikan secara politis.

Adapun pesertanya adalah kelompok masyarakat yang menyampaikan aspirasi serta pihak terkait lainnya.

Sedang untuk kunjungan kerja tambah Kartini, telah dilakukan DPRD baik secara perseorangan maupun kelompok dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen yang lebih ditekankan pada aspek fungsi pengawasan DPRD.

Dan proses kunjungan kerja ini dilakukan dengan cara komunikasi dua arah, yakni konstituen dengan melibatkan OPD. (st)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: