PHDI: Umat Hindu Jangan Panik, Tetap Jaga Kesehatan

Para pengurus PHDI foto bersama Bupati Banggai Herwin. (FOTO ISTIMEWA)

__ ” __

“Berkaitan dengan pawai ogoh ogoh yang sekiranya dilaksanakan di setiap desa, kita tiadakan,”

Ketua PHDI Kabupaten Banggai I Nyoman Sumerta
__ ” __

LUWUKTIMES.com— Langkah pencegahan virus corona juga dilakukan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Banggai.

Ada sejumlah hal yang disepakati lembaga ini. Diantaranya meniadakan sementara festival ogoh ogoh.

“Iya, kita lembaga Parisada patuh terhadap instruksi presiden, edaran bupati serta edaran PHDI pusat dan provinsi,” kata Ketua Pengurus Harian PHDI Kabupaten Banggai, I Nyoman Sumerta, Rabu (18/3/2020).

Menyikapinya sambung Sumerta, PHDI Banggai telah menggelar rapat bersama PHDI kecamatan se Kabupaten Banggai untuk membahas pola antisipasi penyebaran virus corona.

“Makanya kemarin kita rapat bersama dengan PHDI di 11 kecamatan se Kabupaten Banggai,” kata mantan anggota DPRD Banggai ini.

Di dalam rapat yang dilaksanakan di Pura Agung Padma Bhuana Luwuk Selasa 17 Maret 2020, beberapa point telah disepakati.

Diantaranya, agar umat Hindu di Kabupaten Banggai tidak mudah panik, namun tetap waspada dan menjaga prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pelaksanaan Melasti dilaksanakan Ngubeng di masing masing desa dan tawur kesanga dilaksanakan sesuai PHDI pusat dan PHDI provinsi Sulteng dengan personil terbatas.

Keputusan lain yang disepakati adalah festival ogoh ogoh ditiadakan pada saat pengerupukan ogoh ogoh ditempatkan di Catus Pata tanpa disertai gamelan atau bale ganjur dengan jumlah personil yang terbatas.

“Berkaitan dengan pawai ogoh ogoh yang sekiranya dilaksanakan di setiap desa, kita tiadakan,” kata Sumerta.

“Pokoknya yang berkaitan dengan pengumpulan orang banyak, kita stop dulu. Kita patuh terhadap instruksi negara,” tambah Sumerta.

Politisi PDIP ini juga menginformasikan, PHDI telah berdialog dengan Bupati Banggai Herwin Yatim.

Ada sejumlah saran yang disampaikannya. Salah satunya sebut Sumerta, disarankan agar kita semua ikut menjaga pola hidup sehat, dengan sering mencuci tangan, meminum air hangat serta menjaga pola makan agar terbentuk imun tubuh yang kuat.

“Semoga situasi ini cepat berakhir sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa tanpa dihantui dengan virus corona lagi,” harap Ketua PHDI Kabupaten Banggai ini. (im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: