Ini Langkah Pemda Banggai Menyikapi Social Distancing

Bupati Banggai Herwin Yatim

___

LUWUKTIMES.com— Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, Pemerintah RI mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau isolasi sosial.

Social distancing diartikan sebagai mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjauhi keramaian agar rantai penularan virus corona bisa terhenti.

Pemda Banggai punya langkah dalam mem follow up kebijakan Presiden Joko Widodo tersebut?

Bupati Banggai Herwin Yatim kepada wartawan media ini Minggu (22/3/2020) mengatakan, Pemda melalui Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas TPHP dan Dinas Peternakan telah melakukan upaya dengan melakukan pendekatan dan penyuluhan kepada masyarakat.

Sekaligus tambah Herwin membantu dalam memberikan motivasi kepada petani dan nelayan serta kepada ibu rumah tangga dan keluarga.

Langkah itu dilakukan dalam kaitan social distancing, dengan menyuplai bantuan berupa bantuan bibit dan lain lain yang bernilai produktif selama masa tetap di rumah.

Sekalipun melakukan social distancing, tambah bupati, bukan berarti warga tidak bisa melakukan aktivitas rutin.

Bekerja, belajar, dan beribadah dapat dijalankan di rumah.

Sementara itu, jika mendesak harus keluar rumah pastikan selalu menjaga jarak dengan orang di sekitar dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Bupati Banggai juga sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukkan kepada para camat se Kabupaten Banggai.

Surat edaran Bupati Banggai Herwin Yatim.
___

Surat bernomor 521.4.5/377/DKP tanggal 16 Maret 2020 itu menuangkan sebanyak 6 point.

Salah satunya, untuk menghindari aktivitas ditempat umum yang rentan terhadap penularan virus corona, maka setiap rumah tangga dihimbau agar secara mandiri dan berkelanjutan dapat memenuhi semua kebutuhan pangannya sendiri dengan melakukan pi na kintal suani dan karei na lahan melalui pemanfaatan pekarangan rumah dan lahan tidur sebagai sumber ketahanan pangan atau warung hidup. (st)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: