Bupati Minta Perketat Pintu Masuk Udara, Laut dan Darat

Bupati Banggai Herwin Yatim memimpin rapat penanggulangan virus corona (covid-19). (FOTO ISTIMEWA)

___ ” ___

“Ini sama dengan kita berperang. Kalau di medan nyata lawan kita jelas. Tapi saat ini lawan kita (corona) tidak tampak,”

Bupati Banggai Herwin Yatim

LUWUKTIMES.com— Pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banggai semakin dipermantap pemerintah setempat.

Melalui rapat teknis penanggulangan virus corona (covid-19) di ruang rapat khusus kantor bupati Banggai, Selasa (24/3/2020) Bupati Banggai Herwin Yatim menyampaikan sejumlah instruksinya.

Salah satunya pinta Bupati memperketat pintu masuk baik udara, laut maupun darat.

“Pintu masuk udara, laut dan darat agar dijaga seketat mungkin. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid19,” kata Bupati.

Terhadap otoritas kebandaraan pesan Bupati untuk memperketat pengecekan se selektif terhadap sejumlah orang yang datang.

Pemda Banggai akan memenuhi seluruh fasilitas yang dibutuhkan untuk proses pemeriksaan.

Begitu pula sambung Bupati terhadap otoritas Kepelabuhanan juga diperketat, terutama kapal kapal yang asal usulnya dari luar negeri.

“Kami akan menempatkan body sanitizer yang sementara dirakit oleh Dinas Perkimtan dan akan di letakkan di Pelabuhan dan Bandara. Ini sebagai langkah untuk meminimalisir virus yang datang,” ucap Bupati.

Di dalam rapat yang turut dihadiri Wakil Bupati Mustar Labolo, Sekda Abdullah Ali dan unsur Forkopimda Bupati juga menekankan kepada Seluruh OPD agar serius menanggapi persoalan yang menjadi bagian dari instruksi presiden ini.

“Ini sama dengan kita berperang. Kalau di medan nyata lawan kita jelas. Tapi saat ini lawan kita (corona) tidak tampak,” kata Bupati.

Sejak awal sambung Bupati dirinya memantau bahwa sudah delapan hari pasca instruksi pemerintah keluar, namun masih ada aktivitas pengangkutan nikel di pelabuhan Bunta.

Ini membuktikan bahwa perusahaan itu tidak mengindakan instruksi pemerintah.

Bupati secara tegas menyatakan, “saya minta otoritas yang berwenang untuk menyikapinya. Apabila Perusahaan tersebut tidak memenuhi syarat yang pemerintah tetapkan, maka Izin berlayarnya dicabut”.

Dan langkah tegas ini dilakukan tambah Bupati, untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Banggai pada umumnya. (im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: